Bergabung bersama Netzme dan dapatkan manfaatnya, Mulai Sekarang!

Momen berbagi cerita

Traveling ke Luar Negeri Gak Ribet dengan QRIS Cross Border

Traveling ke Luar Negeri Gak Ribet dengan QRIS Cross Border

Traveling ke luar negeri tentunya sangat menyenangkan dan berkesan kan, Netzmian? Tapi pengalaman itu bisa terganggu sama ribetnya transaksi di luar negeri apalagi, buat kamu yang baru pertama kali pelesiran keluar negeri. Mulai dari menukar mata uang, menyiapkan uang tunai, bahkan pengalaman tidak menyenangkan seperti kehilangan uang.

Tapi tenang ada metode pembayaran yang bakal memudahkan kalian ketika bertransaksi di luar negeri yaitu QRIS Cross Border. Yuk, kenalan dengan QRIS Cross Border!

Mengenal QRIS Cross Border

QRIS Cross Border merupakan sistem yang diperkenalkan Bank Indonesia pada tanggal 29 Agustus 2022. Sistem ini merupakan upaya bank indonesia mewujudkan standarisasi perdagangan internasional dan sistem pembayaran ritel.  Thailand menjadi negara yang pertama kali bekerjasama dengan Indonesia dalam mewujudkan QRIS Cross Border, diikuti dengan negara Malaysia, Singapura, Jepang, Korea Selatan, India, dan Uni Emirat Arab. 

Tujuan utama sistem ini adalah untuk menghubungkan pembayaran lintas negara sehingga diharapkan dapat mempermudah wisatawan indonesia yang bepergian ke luar negeri, begitu pula turis luar yang berkunjung ke Indonesia. 

Manfaat dari QRIS Cross Border 

Fitur QRIS Cross Border pasti sangat menguntungkan pake wisatawan yang sedang berwisata ke luar negeri. Yuk simak apa saja keuntungan dari QRIS Cross Border !

  • Tidak perlu menukar mata uang

Pasti banyak yang perlu diurus ketika ingin liburan keluar negeri. Mulai dari paspor, tiket, tempat menginap, dan masih banyak lagi. Nah, dengan adanya QRIS Cross Border semua itu akan lebih mudah, kamu bisa langsung belanja pakai aplikasi mobile banking yang kamu punya.

  • Belanja lebih aman dan nyaman

Kehilangan cash akan mengganggu liburan bukan? Dengan QRIS Cross Border risiko terjadinya kejadian tidak menyenangkan itu dapat dihindari. Kamu juga tidak perlu repot-repot menghitung mata uang asing, sehingga belanja pun lebih nyaman

  • Traveling murah dan praktis

Dengan QRIS Cross Border semua jadi lebih mudah. Kamu sudah tidak perlu lagi cari money changer, dengan biaya yang tidak. Belanja pun lebih praktis tidak perlu nyiapin uang cash yang banyak lagi, tinggal scan udah bisa belanja,

Negara yang sudah menerapkan QRIS Cross Border

QRIS Cross Border sudah diterapkan di beberapa negara di Asia Tenggara. Beberapa negara tersebut yaitu Singapura, Thailand, dan Malaysia. Jadi untuk kamu yang mau foto bareng sama Merlion, naik gajah Thailand, atau makan ayam goreng Upin Ipin tenang saja karena sudah ada QRIS Cross Border yang pasti dapat memudahkan transaksi-mu.

Selain di Asia Tenggara QRIS Cross Border akan hadir di beberapa negara lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Uni Emirates Arab, dan India. QRIS Cross Border ini akan terus meluas ke negara-negara lainnya.

Cara menggunakan QRIS Cross Border (Image 3: ukuran samain dengan header)

Penggunaan QRIS Cross Border sangat mudah sama seperti QRIS pada umumnya. Langsung aja simak caranya!

  1. Buka aplikasi mobile banking milik kamu lalu scan QR yang terdapat di merchant-merchant luar negeri (untuk Netzme Pay, kamu sudah bisa gunakan di Singapore ya).. 
  2. Jika QRIS tidak menampilkan nominal secara langsung, masukkan nominal harga terlebih dahulu, lalu tekan OK. 
  3. Masukkan PIN yang kamu pakai dan transaksi pun berhasil. 
  4. Transaksi selesai, kamu akan langsung mendapatkan bukti transaksi secara langsung yang dapat di cek melalui aplikasi yang kamu gunakan.

Sekarang kamu sudah tidak perlu takut ribet lagi kalau mau liburan ke luar negeri. Langsung aja download Netzme dan gunakan QRIS Cross Border untuk mempermudah transaksi kamu saat traveling!

Related Post :

Gedung Capitol 9 Square Lt 1, Jl,. Mega Kuningan Blok C6 Kav. 9, Kawasan Mega
Kuningan, Jakarta Selatan, 12950

Copyright © 2023 Netzme