Ketika kamu bekerja di kantor dan ingin berusaha agar tetap fokus, ada banyak gangguan yang dapat menghalangi kamu untuk melakukannya ya? Mulai dari rekan kerja yang berisik, musik yang terlalu kencang, serta hilir mudik rekan kantormu yang pada dasarnya mengundang semua orang untuk datang berbicara kepadamu.
Secara keseluruhan, menemukan cara untuk bekerja lebih efisien biasanya bukan tentang usaha ekstra, tetapi lebih banyak tentang menemukan cara untuk menghindari kebisingan baik secara harfiah maupun metafora. 9 tips sederhana untuk selalu fokus pada apa yang kamu kerjakan.
- Gunakan head-phones
Terkadang cara termudah untuk menyingkirkan gangguan adalah dengan memblokirnya. Dengarkan lagu-lagu favorit kamu dan putar suara hingga dimana kamu tidak dapat mendengar suara-suara dari luar.
- Jadwalkan bekerja dari rumah saat hectic mode on
Bekerja dari rumah memastikan kamu benar-benar dapat menjalankan hari seperti yang kamu inginkan, tanpa berurusan dengan pertemuan tak terduga atau rekan kerja yang mampir “sebentar” hanya untuk berbicara. Kamu mungkin tidak akan dapat bekerja dari rumah sepanjang waktu, tergantung pada apa yang kamu lakukan, tetapi mengambil hari itu untuk diri sendiri sesekali pasti dapat membantu kembali ke jalur dengan produktivitasmu.
- Rapikan meja kerjamu
Semakin teratur kamu, semakin baik perasaan yang kamu dapat, bukan? Menurut penelitian University of Minnesota, meja yang berantakan mungkin menandakan pikiran kreatif, tetapi meja yang bersih mendorong hari yang produktif.
- Petakan secara tepat apa yang harus kamu lakukan sebelum melakukannya
Meluangkan waktu untuk menulis apa yang perlu kamu lakukan mungkin menghabiskan beberapa menit tambahan dalam dirimu. Tetapi hal ini dapat membantu kamu tetap efisien dan di jalur tanpa harus berkumpul kembali dan mencari tahun apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya.
5 Hal Ini yang Kamu Butuhkan Untuk Jadi Seorang Freelancer Handal
Saat kamu memasuki dunia freelance banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Kamu dapat memilih project pekerjaan yang kamu sukai, memilih klien yang akan diajak kerjasama, dan yang terpenting adalah penghasilan kamu bertambah. Tetapi semua itu tidak akan datang dengan sendirinya tanpa kerja keras, dedikasi, dan kemampuan organisasi yang bagus. Netzme akan membagi tips dari para ahli bagaimana mengembangkan keahlian dan kemampuan freelance kamu. Scroll below Netzmian!
6. Ciptakan lingkungan kerja profesional
Sebagai seorang freelancer kemungkinan kamu menghabiskan sebagian besar menyelesaikan pekerjaan di rumah. Ciptakan ruangan khusus untuk kamu bekerja dan isi ruangan itu dengan barang-barang yang kamu butuhkan selama kamu bekerja sehingga kamu lebih produktif.
7. Bergabung dengan kelompok freelance lainnya
Terdengar tidak penting, tapi ini sangat membantu. Kamu dapat bertukar pikiran dan pengalaman dengan para freelancer lainnya ataupun mengeluh mengenai klien yang susah membayar honor kamu.
8. Atur time management kamu
Kamu harus mengetahui berapa banyak waktu yang akan kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu project dalam sehari dan berganti ke project lainnya. Deadline adalah sahabat baru kamu, bangun hubungan harmonis dengan deadline yang klien kamu tentukan.
9. Asah Kemampuan akuntabilitas kamu
Ketika kamu bekerja sebagai sendiri, tidak ada atasan yang memberi tahu kamu jika project sedang berjalan atau jadwal rapat. Kamu harus menanggung semuanya sendiri dari awal hingga selesai. Kamu harus memiliki sebuah sistem untuk memastikan semua berjalan sesuai jalurnya masing-masing.